Minggu, 12 Februari 2012

Pantai Ngobaran

Pantai Ngobaran
Add caption
Add caption
Add caption
Berada 2 km arah Barat pantai Ngrenehan. Pantai yang terletak di desa Kanigoro Kecamatan Saptosari, kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta ini memadukan tebing tinggi dan hamparan pantai membentuk relief keindahan tak terkira.
Pantai ini dihiasi karang-karang berselimut alba (rumput laut) yang menjadi sumber penghidupan masyarakat sekitar. Alba merupakan bahan baku untuk pembuatan kosmetik. Di antara karang-karang terbentuk kolam-kolam mini sepanjang pantai tempat hidup biota-biota laut seperti lobster dan landak laut (hewan laut dengan duri tajam seperti landak) yang menjadi tumpuan para nelayan darat. Sebutan nelayan darat diperuntukkan bagi nelayan yang tidak perlu melaut/berlayar dengan kapal untuk mengekplorasi hasil laut, cukup di pantai saja.
Di pantai ini berdiri beberapa tempat peribadatan berbagai agama/kepercayaan. Sebuah masjid berdiri berdampingan dengan sebuah pura (tempat beribadah umat Hindu), tempat ibadah aliran kepercayaan kejawen dan kejawan (Aliran kepercayaan peninggalan Brawijaya V, diambil dari nama salah satu putra Brawijaya V, Bondhan Kejawan). Keunikan dapat terlihat dari Masjid yang menghadap ke selatan, beradapan dengan wajah keindahan pantai Ngobaran. Namun dalam pelaksanaan sholat, tetap menghadap Kiblat.

5 komentar:

  1. is good blog...mantap kembangkan terus dengan selalu mengisi dengan artikel-artikel baru....

    BalasHapus
  2. tulisan tulisan dan foto foto kamu sangat bermanfaat untuk memperkenalkan keindahan gunung kidul,saya bangga sama kamu.tapi koq aku belum pernah dgr pantai ngobaran ya,deket mana sih letaknya?kalo pantai kukup ato pantai baron sih dlu udah sering kesana wktu msh sekolah...huft jadi teringat masa kecil dulu nih,btw kamu tahu desa ngalang gak?aku dlu di besarkan didesa itu...salam kenal dan terus berkarya

    BalasHapus